Like facebook

TOP ARTIKEL

About Me

Foto Saya
Muhammad Akbar
Saya hanyalah satu, dan tetap satu. Saya tak bisa melakukan segala hal tetapi saya bisa melakukan beberapa hal. Dan karena saya tidak bisa melakukan segala-galanya, saya tidak akan menolak melakukan hal yang saya bisa.


Lihat profil lengkapku

Obat Generik Data dan Fakta

OBAT generik adalah obat yang telah habis masa patennya (off patent)sehingga dapat diproduksi oleh semua perusahaan farmasi tanpa perlu membayar royalti.

ADA dua jenis obat generik, yaitu obat generik bermerek dagang (OGM) dan obat generik berlogo (OGB) yang dipasarkan dengan merek kandungan zat aktifnya. Dalam obat generik bermerek, kandungan zat aktif itu diberi nama (merek). Zat aktif amoxicillin misalnya, oleh pabrik ”A” diberi merek tertentu, sedangkan pabrik ”B” memberi nama yang lain, sesuai keinginan pabrik obat. Dari berbagai merek tersebut, bahannya sama, yaitu amoxicillin. 

CARA pembuatan OGB dan paten sama. Misalnya dalam membuat obat untuk penyakit TBC—mengkopi obat produksi luar negeri. Perusahaan farmasi harus menyesuaikan formula OGB yang sedang dibuat dengan produk inovator (penemu obat) tersebut. Untuk keperluan itu, dilakukan uji bioekivalen, dengan harapan hasilnya sama dengan inovatornya. Dengan demikian, dalam tubuh, obat generik akan memberikan efek sama dengan produk inovatornya. 

DARI sisi zat aktifnya (komponen utama obat) antara obat generik (baik OGB maupun OGM), persis sama dengan obat paten. Namun, model pembungkus obat beraneka ragam. Generik kemasannya dibuat biasa, sedangkan yang bermerek dagang, kemasannya dibuat lebih menarik dengan berbagai warna. Kemasan itulah yang membuat obat bermerek lebih mahal.

OBAT generik umumnya diproduksi dalam jumlah yang besar dan tidak lagi memerlukan biaya yang tinggi untuk riset pembuatan obat yang mendalam karena pembuat obat paten sebelumnya telah melakukannya. 
KEMASAN yang dibuat sederhana dan biaya iklan atau promosi yang tidak sebesar obat generik bermerek, membuat anggaran pembuatan obat ini semakin dapat ditekan. Selain itu, persaingan antarprodusen obat generik menyebabkan harga OGB bisa tetap lebih murah. 

HARGA OGB diatur oleh pemerintah sehingga lebih murah. Harapannya agar harga obat dapat terjangkau oleh masyarakat luas. Jadi, produsen obat generik tidak dapat menentukan harga obatnya sendiri.

SUMBER
 A Better Way To health
                                                                                                               

separador

0 komentar:

Follow me


music online