Like facebook


music online

TOP ARTIKEL

About Me

Mesjid Tertua di Dunia

Masjid merupakan pusat kegiatan umat Islam. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kegiatan, seperti perayaan hari besar, dan diskusi agama. Masjid dulu juga menjadi tempat aktivitas sosial kemasyarakatan dan kemiliteran.

Berikut daftar masjid tertua di dunia :


Masjid Quba (622 Masehi)
Masjid yang terletak di Madinah, Arab Saudi ini merupakan yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW saat pertama kali hijrah dari Mekkah. Saat ini, masjid dengan enam kubah dan empat menara tersebut terintegrasi dengan berbagai fasilitas, seperti perumahan, perkantoran, pertokoan, dan perpustakaan. Dan renovasi besar-besaran yang dilakukan di akhir abad ke-20 tersebut, membuat Masjid Quba memiliki enam pintu masuk tambahan di gerbang utara, timur, dan barat.


Masjid Nabawi (622 Masehi)
Masjid tertua kedua ini kemungkinan termasuk dalam deretan masjid terindah di dunia. Masjid tempat dimakamkannya Nabi Muhammad SAW, Khalifah Abu Bakar Ashshidiq, dan Khalifah Ummar bin Khathab ini juga merupakan masjid terbesar di dunia. Saat pertama kali dibangun, juga pada 622 Masehi, masjid ini hanya berukuran 30 meter × 35 meter, dengan tinggi dua meter. Akan tetapi saat ini ukurannya 100 kali lipat lebih besar, sehingga mampu menampung lebih dari 500.000 jemaah.


Masjid Qiblatain (623 Masehi)
Masjid dengan sebutan ‘Masjid Dua Kiblat’ ini merupakan masjid tertua ketiga di dunia yang dibangun pada 623 Masehi. Masjid yang saat ini berkapasitas 2.000 jemaah itu, awalnya berkiblat ke arah Jerussalem. Setelah Rasulullah SAW mendapat perintah Allah untuk memindahkan arah kiblat menghadap ke arah Mekkah, maka kiblat ke Jerussalem ditiadakan.

Masjid Jumat Kilakarai (628 Masehi)
Masjid tertua keempat ini dibangun oleh para pedagang Yaman di India atas perintah Gubernur Yaman, Bazan ibnu Sasan setelah mengakui keislamannya pada 628 Masehi. Masjid tertua di India ini kemudian dibangun kembali pada abad ke-11 masehi.



Masjid Jawatha (629 Masehi)
Masjid tertua kelima ini dibangun tujuh tahun setelah Nabi Muhammad SAW hijrah ke Madinah. Terletak di Desa Al-Kilabiyah, yang berjarak 12 kilometer sebelah timur laut Hofuf, Al-Ahsa, Arab Saudi. Saat ini, yang tersisa dari bangunan tersebut hanyalah reruntuhan, tetapi umat Islam terkadang terlihat masih beribadah disana.
separador

0 komentar:


music online

Follow me


music online